17 May 2021, 08:36Perut

Kenapa ulu hati perih?

FN
Info Penanya: FN0
Saat ini saya sedang mangalami napas seperti di tekan,kalau makan tenggorokan terasa perih dan sesak,ulu hati perih karna sesak napas,apa penyebabnya dok?
47 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,Nyeri pada ulu hati, tenggorokan perih, sesak, perih pada ulu hati merupakan gejala yang disebabkan oleh asam lambung yang tinggi. Selain itu keluhan yang dapat terjadi adalah nyeri perut, mual, muntah, rasa terbakar di dada, kumpulan dari gejala ini disebut dengan dispepsia namun jika Anda merasa pahit di lidah bagian belakang kemungkinannya Anda sudah mengalami GERD.

Mengatasi nyeri ulu hati

Untuk mengatasi keluhan Anda, diperlukan pengobatan untuk menurunkan asam lambung, salah satu obat yang dapat Anda konsumsi adalah antasida. Dosis antasida adalah 3x sehari sebelum makan, namun selain mengkonsumsi obat ini, Anda juga perlu memperbaiki pola makan Anda seperti menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam, hindari alkohol, jangan mengonsumsi kopi maupun minuman bersoda disaat perut kosong, maupun hindari langsung beraktifitas setelah makan.Asam lambung meningkat, juga dipengaruhi oleh stres, untuk itu hindarilah stres dan usahakan untuk selalu makan tepat waktu agar keluhan tidak kambuh. Orang dengan keluhan ini, perlu selamanya menjaga pola makan karena penyakit ini dapat kambung kapanpun sewaktu-waktu. Bila perlu, selalu sediakan obat pereda asam lambung untuk dikonsumsi segera saat terjadi kekambuhan gejala.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaaggerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil