09 Oct 2020, 17:09Mata

Nanah di kelopak mata apa obatnya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya mau tanya? Kelopak mata saya bernanah sudah saya belikan obata cendo xitrol dari apotek ko engak sembuh² Harus saya apakan yaa dok? Agar nanahnya keluar!?
3560 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MR,Kelopak mata yang bernanah kemungkinan besar Anda mengalami bintitan atau hordeolum istilah medisnya. Hal ini tampaknya sepele, namun bila dibiarkan dan berlangsung lama maka nanah akan semakin banyak dan mata terasa semakin nyeri.Namun bila keluhan benjolan di mata ini sudah berlangsung lama hingga berbulan-bulan atau sering kambuh-kambuhan, maka bisa saja disebabkan oleh kalazion. Kalazion adalah benjolan di mata akibat kelenjar Meibom yang memproduksi minyak untuk melembapkan mata mengalami sumbatan dan terinfeksi oleh bakteri.Obat cendo xitrol yang Anda gunakan merupakan obat tetes yang mengandung kombinasi Dexamethasone Neomycin sulphate dan Polymyxin B sulphate untuk mengatasi peradangan dan infeksi bola mata, namun kurang efektif bila masalahnya ada di bagian kelopak mata.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi nanah di kelopak mata:

  • Rutin kompres bagian mata yang bengkak dan bernanah menggunakan air hangat.
  • Nanah jangan ditekan-tekan agar tidak menjadi keras.
  • Oleskan salep antibiotik khusus mata bila Anda memiliki persediaan di rumah. Namun bila tidak ada maka salep ini tidak bisa dibeli bebas di apotik karena memerlukan resep dokter.
  • Minum paracetamol bila mata terasa nyeri.
  • Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengoleskan salep mata atau sebelum dan sesudah menyentuh mata.
Namun bila benjolan Anda sudah berlangsung lebih dari 1 minggu, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk penanganan lebih lanjut.Salam sehat,dr. Vina
bintitankalazionhordeolum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil