Haid terakhir 3 juni, apakah saya terlambat haid?

SM Info Penanya: SM
Dok saya mau taya kan saya datang heid tanggal 3sampe tanggal 9bualn juni dok bulan juli saya kaga datang heid sampe 1agustus blum heid apaka saya da telat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SM,

Siklus menstruasi normalnya adalah 21-35 hari sekali, jadi jika haid terakhir adalah 3 Juni maka seharusnya paling lambat sudah haid di tanggal 8 juli. Jika sampai tgl 1 Agustus belum juga haid berarti terlambat hampir 1 bulan. Apabila sudah menikah atau ada riwayat berhubungan seksual setelah tanggal 9 Juni maka bisa coba dilakukan pemeriksaan kehamilan.

Apabila tidak ada riwayat hubungan seksual, terlambat haid bisa disebabkan oleh beberapa penyebab lain seperti:

  • Penggunaan alat KB
  • Mengalami stres atau kondisi psikologis lain
  • Masalah berat badan
  • Adanya gangguan organ reproduksi
  • Memiliki riwayat penyakit lain seperti misalnya gangguan tiroid

Apabila tetap tidak haid juga sampai bulan September, maka perlu diperiksakan pada dokter kandungan agar dipastikan apa penyebabnya. Nanti oleh dokter akan dilakukan wawancara mengenai keluhan dan yang berkaitan dengan keuhan yang terjadi, dilakukan pemeriksaan fisik dan juga bisa dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah, pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lainnya.

Jika menstruasi sering terlambat juga bisa diperiksakan agar bisa kembali lancar, jika ternyata ada masalah yang jadi penyebab siklus menjadi berantakan atau tidak normal maka perlu segera diatasi baik dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat ataupun pengobatan seperti misalnya dilakukan terapi hormonal. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel mengenai cara cepat menstruasi di tautan ini ya.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda-tanda Haid akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.