Nafas terburu-buru, pusing dan lemas?

RC Info Penanya: RC, Pria, 18 Tahun
Kalo misalnya kita waktu batita terkena sakit bronkitis menjalani pengobatan slama ±9 bulan apakah akan ada akibatnya ketika sudah besar ? Soalnya nafas saya kalo sudah melakukan pekerjaan yang agak berat jadi nafas terburu buru pusing dan lemas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok yang disebut bronkus pada saluran napas. Penyakit ini tidak menimbulkan kerusakan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna jika sudah diobati.  Penyebab bronkitis bisa disebabkan infeksi virus, tapi kadang-kadang juga bisa disebabkan oleh bakteri. Jika kondisi pertahanan tubuh baik, selaput lendir dapat kembali normal setelah sembuh dari infeksi.

Untuk mengetahui penyebab, maka diperlukan tanya jawab lebih terperinci seperti:

  • Sejak kapan gejala nafas terburu-buru, pusing dan lemas terjadi? Apakah bisa dideskripsikan nafas terburu-buru itu apakah nafasnya pendek dan cepat?
  • Pekerjaan Anda dibidang apa?
  • Apakah ada riwayat alergi?
  • Apakah ada disertai gejala lain?

Jika nafas pendek maka kemungkinan ada kelainan pada organ paru atau jantung, bukan hanya bronkitis. Penyebab lain bisa karena asma, pneumonia, ppok, pneumothoraks, atau penyakit jantung lainnya.

Disarankan untuk konsultasi ke dokter, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan terhadap paru dan jantung untuk mencari penyebab. Semoga bermanfaat.

Baca juga kami berikan tautan artikel untuk menambah pengetahuan Anda mengenai sesak nafas.

Salam Sehat,

dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.