Nafas terasa dingin walaupun cuaca sedang panas. Tenggorokan terasa kering.

DS Info Penanya: DS, Wanita, 16 Tahun
Dok saya mau tanya, kenapa saat saya sedang bernafas, nafas saya terasa dingin tidak hanya pada malam hari, bahkan saat siang hari cuaca sedang panas, ketika saya sendiri merasa gerah dan panas, nafas saya terasa dingin, itu kenapa ya dok? Tengorokan saya pun cepat kering
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DSP

Hembusan napas terasa dingin biasanya akibat adanya radang tenggorokan. Terutama bila disertai nyeri menelan atau sakit di tenggorokan. Biasanya akibat flu atau infeksi bakteri. Selain itu bisa juga akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Asam lambung akan memberi perasaan panas pada kerongkongan dan bisa juga tenggorokan. Gejala lain bisa nyeri dada, batuk, suara serak, atau mulut pahit.

Pada saat Anda flu, lendir dari hidung juga bisa membasahi tenggorokan dan memancing batuk. Sehingga tenggorokan menjadi radang dan hembusan napas terasa dingin. Untuk mengatasinya banyak minum air putih, hindari makanan/minuman panas atau dingin. Bila gejala tidak membaik sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan Dokter.

Selain itu Anda bisa kumur-kumur menggunakan air campuran garam, makan permen pelega tenggorokan atau teh hangat beserta madu. Bisa juga menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Saya lampirkan artikel mengenai Cara Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebaiknya hati-hati dalam memilih obat untuk mengobati pilek dan flu pada anak

Cara Ampuh Mengobati Pilek dan Flu pada Anak

Meredakan pilek dan flu dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan pelembap udara (humidifier) untuk melegakan hidung yang tersumbat.