12 Jan 2021, 20:02Pernapasan

Apakah hidung mampet tetapi tidak flu, karena terinfeksi virus corona ?

CM
Info Penanya: CM, Pria0
Dok klau nafas nyesek,hidung serperti mampet tpi tdak flu serta sakit kepala,menggil dan seluruh persendian pada sakit atau ngilu apa di sebabkan covid 19 ya dok
271 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, C.Masa pandemi virus corona yang terjadi di seluruh dunia, dengan penularan yang sangat cepat, gejala yang sangat beragam, pemeriksaan belum sepenuhnya dilakukan, terlebih vaksin yang masih dalam tahap pemberian, membuat setiap manusia merasa cemas jika mengalami sumbatan saluran nafas. Padahal hidung yang tersumbat tidak semua karena terinfeksi virus corona, banyak penyebab hal lainnya. 

Apakah hidung mampet tetapi tidak flu, karena terinfeksi virus corona ?

Hidung yang mampet dapat disebabkan oleh pembesaran mukosa hidung saat virus masuk ke saluran nafas bagian atas. Pembesaran mukosa ini membantu tubuh untuk mencegah virus masuk lebih dalam dan menginfeksi tubuh. Namun pembesaran mukosa hidung membuat rasa yang tidak nyaman dan susah bernafas. Selain karena pembesaran mukosa hidung, hidung mampet yang Anda alami disertai dengan sakit kepala, badan menggigil, persendiaan terasa sakit, dapat terjadi karena :
  • Infeksi saluran nafas bagian atas.
  • Tumbuh polip pada hidung. 
  • Infeksi pada rongga mulut yang ikut memberikan gejala pada hidung.
  • Infeksi virus corona dengan gejala saluran pernafasan, dapat disertai dengan hilagnya penciuman secara perlahan atau tiba-tiba, indera pengecap yang tidak berfungsi, dan kesulitan untuk bernafas.

Cara mengatasi hidung tersumbat dan gejala lain yang menyertai

Cara mengatasi hidung tersumbat dan gejala lain yang Anda alami, sakit kepala, badan menggigil, persendiaan terasa sakit adalah dengan mengatasi infeksi yang ada. Minum air putih yang cukup, minum segelas air hangat yang dapat dicampur dnegan madu, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun tubuh, olahraga secara rutin di rumah, jalankan protokol kesehatan dengan baik.Jika gejala yang Anda alami terus memberat teruatama semakin sulit untuk bernafas, kehilangann indera penciuman, indera pengecap, terlebih sebelumnya Anda kontak dengan pasien corona, segera lakukan swab test.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil