Beda sesak nafas karena COVID dan GERD?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Selamat siang dok maaf mau tanya ini saya sudah hampir 1mingguan terasa nafas di tenggorokan kurang plong jadi terasa seperti tercekik itu bagai mana dok .. dan dan hidung terasa kurang plong kalau nafas itu bisa Corona atau gerd
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SU,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

GERD merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan ditandai dengan peningkatan asam lambung yang meningkat. Gejala dari penyakit ini adalah rasa panas di bagian ulu hati yang dapat naik ke tenggorokan, disertai dengan mual muntah, bau mulut, sesak nafas, dll.

Sedangkan COVID merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Penpyakit ini pertama kali di temukan pada akhir tahun 2019 di Wuhan, Cina. Gejala dari penyakit ini adalah demam, batuk, pilek dan disertai dengan sesak nafas.

Perbedaan sesak nafas yang terjadi pada GERD dan Corona bisa di tandai dengan penyebabnya. Biasanya sesk nafas yang terjadi pada GERD terasa panas dan tidak nyaman di dada, sedangkan sesak nafas yang terjadi pada COVID di dahului dengan penyakit pernafasan dan kesulitan untuk bernafas. Jika Anda mengalami sesak nafas yang di dahului dengan batuk pilek, dan memiliki riwayat kontak dengan seseorang yang terkena COVID sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk setidaknya dilakukan pemeriksaan rapid.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rapid test menggunakan sampel darah

Cara Daftar Rapid Test di SehatQ, Sudah Tahu?

Cari fasilitas kesehatan penyedia rapid test Covid-19 gratis terdekat di Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya dengan daftar di SehatQ. Berikut caranya.