24 May 2021, 07:57Pernapasan

Nafas pengap dan sesak napas, apakah berbeda?

MT
Info Penanya: MT0
Pria, 22 tahun. Dok, apakah nafas E n gap dan sesak napas itu berbeda? Karena beberapa hari ini nafas saya seperti e n gap (maaf tulisan tidak bisa digabung). Saya masih bisa bernafas seperti normal, namun terkadang seperti membutuhkan nafas dalam seperti kondisi orang yg sedang e n gap. Padahal jika di cek dgn pulse oxi setiap hari, oksigen saya diatas normal 95-96 keatas dan nadi 61-65 keatas saat kondisi istirahat. Dan bagaimana ciri-ciri orang yang kekurangan oksigen?
672 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore MT,Napas terasa pengap bisa disebabkan oleh beragam hal mulai dari gangguang lambung hingga adanya masalah psikologis. Sedangkan sesak napas dikaitkan dengan kekurangan oksigen yang biasanya disebabkan oleh asma, pneumonia, gagal jantung, dll. Keluhan yang dirasakan hampir menyerupai yakni harus menarik napas dalam-dalam agar terasa lebih lega, namun pada pemeriksaan fisik dan saturasi oksigennya akan berbeda.Bila saturasi oksigen Anda menunjukkan nilai normal maka yang Anda alami kemungkinan hanya napas yang terasa pengap saja. Penyebab napas terasa pengap biasanya disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan yang disebut dengan GERD atau ada kondisi psikologis yang sedang tidak baik misal sedang menghadapi beban berat.

Tips mengatasi napas pengap:

  • Jaga pola makan porsi kecil tapi sering sehingga lambung tidak perih.
  • Hindari konsumsi makanan yang pedas, asam, santan, kanji, ketan, kopi, soda serta alkohol.
  • Kendalikan pikiran Anda agar tidak stres berlebihan.
  • Minum antacida bila pola makan Anda tidak baik.
  • Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, ulangi beberapa kali.
Jika keluhan tidak membaik denagn tips di atas maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk memastikan kondisi Anda. Apakah memang fisiknya yang sakit ataukah psikisnya yang sakit.Salam sehat,dr. Vina
stresgerdsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil