Kenapa nafas bunyi seperti sesak?

DV Info Penanya: DV
Selamat malam dokSaya mau tanya dok nafas saya sesak trus bunyi gitu donk seperti bnyak dahak sya batukin tapi susah ngluari dahak nya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DV,

Keluhan sesak napas bisa disebabkan oleh gangguan di lambung, paru-paru, maupun di jantung, terkadang gejalanya tumpang tindih.

Bila Anda merasakan sesak napas yang disertai dengan bunyi grok-grok akibat dahak yang tidak bisa keluar, maka kemungkinannya sedang ada infeksi di paru-paru Anda. Namun asam lambung yang naik ke tenggorokan juga dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan sehingga merangsang terjadinya batuk.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi batuk atau mengencerkan dahaknya adalah :

  1. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter setiap harinya.
  2. Hindari makanan yang pedas, asam, dan banyak bumbu penyedapnya, serta pemanis dan pengawet.
  3. Cukup istirahat dan jangan begadang.
  4. Gunakan masker saat Anda berada diluar ruangan.
  5. Olahraga secara teratur 30 menit setiap hari, terutama di pagi hari sekalian berjemur.
  6. Makan makanan berkuah.

Bila keluhan tidak segera membaik, ada batuk darah, keringat dingin, demam, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen dada, atau cek darah.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat asam lambung di apotik tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tetapi terdapat tiga macam obat asam lambung di apotik yang dapat dijumpai

Kenali Berbagai Obat Asam Lambung untuk Mengatasi Maag

Maag merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat asam lambung yang bisa dibeli bebas di apotek maupun dengan resep dokter. Obat asam lambung di apotik tidak hanya satu jenis melainkan terdapat berbagai banyak jenisnya, seperti penghalang histamin, antasida, dan sebagainya.