Nafas berat, seperti menelan suatu cairan apa corona?

VL Info Penanya: VL, Wanita, 22 Tahun
Dok, nafas saya terasa berat dri 3 hr yll, saya sering merasa menelan suatu cairan dalam tenggorokan saya.. Padahal tenggorokan saya tidak sakit dan tidak ada batuk pilek.. Kira2 cairan apa itu dok? Semoga tidak ada hubungannya dg covid..sy sama sekali tidak ada kontak dan bepergian kemana2 sebelumnya hanya di kos dan sudah menerapkan PHBS sesuai arahan.. Mohon bantuannya dok.. Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi VL,

Corona memang menimbulkan kecemasan dan kepanikan di masyarakat, hal tersebut wajar karena memang penularannya yang cepat dan dapat menyerang siapa saja dari berbagai usia.

Adanya kepanikan tersebut tanpa disadari juga bisa mengganggu psikis seseorang, sehingga akan memicu produksi asam lambung lebih banyak. Produksi berlebihan ini akan menyebabkan asam lambung naik ke tenggorokan (GERD) dan akan dianggap sebagai benda asing oleh tenggorokan. Sehingga tenggorokan akan berusaha mengeluarkannya dalam bentuk dahak atau cairan kental.

Namun selain kemungkinan asam lambung yang naik tadi, keluhan cairan di tenggorokan juga bisa disebabkan oleh sinusitis, iritasi tenggorokan akibat makan makanan yang banyak bumbu penyedapnya.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tersebut selama tidak ada demam adalah :

  1. Minum air putih yang banyak, minimal 2 liter setiap hari.
  2. Hindari makanan yang pedas, asam, banyak micinnya. Perbanyak makan makanan berkuah hangat.
  3. Makan porsi kecil namun lebih sering.
  4. Rajin kumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan sedikit garam, minimal 4 kali dalam sehari.
  5. Jangan stres.

Sudah benar bila Anda melakukan social distancing sebagai upaya pencegahan penularan virus corona. Namun jangan lupa untuk selalu rutin mencuci tangan menggunakan sabun, dan jangan menyentuh area wajah terutama bibir, hidung, dan mata.

Lakukan pemeriksaan ke dokter atau klinik terdekat bila keluhan sesak napas semakin berat dan ada demam.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab demam pada anak umumnya adalah saat tubuh mereka terinfeksi virus atau bakteri

7 Penyakit yang Kerap Jadi Penyebab Demam pada Anak

Penyebab demam pada anak bisa akibat virus atau bakteri. Selama anak masih terlihat nyaman, tak perlu buru-buru ke rumah sakit.