Saya hamil atau tidak, ya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Saya nadia indriyani pernah melakukan hubungan badan sekitar bulan maret , bln april , mei saya datang bulan tapi bulan juni kemarin tidak ada menstruasi dok apakah mungkin gejala kehamilan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NI.

Hamil adalah kondisi dimana seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya selama kurang lebih 40 minggu. Kondisi ini dapat terjadi apabila seorang pria dan wanita melakukan aktivitas seksual, yang menyebabkan pertemuan sperma dengan sel telur. 

Apabila pernah melakukan hubungan badan disertai dengan terlambat menstruasi, maka kehamilan sangat mungkin terjadi. Maka, Anda dapat melakukan testpack untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak. Testpack idealnya dilakukan dengan urine pertama di pagi hari, sekitar seminggu setelah terlambat menstruasi. 

Jika hasilnya positif, maka selamat, Anda hamil. Sebaiknya lakukan pola makan yang baik, konsumsi makanan yang bergizi agar ibu dan janin senantiasa sehat. Selain itu, jangan lupa cukupi kebutuhan air putih harian Anda. Serta, tetaplah bergerak aktif, namun jangan sampai kelelahan.

Tetapi, jika hasilnya negatif, maka Anda dapat mengulangi testpack dengan jarak seminggu. Jika negatif lagi, berarti terlambat menstruasi Anda kemungkinan besar disebabkan oleh penyebab lainnya. Selain kehamilan, beberapa hal yang bisa menyebabkan menstruasi terlambat adalah penggunaan kontrasepsi, stres, kelelahan fisik, serta penyakit tiroid.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Dengan pemeriksaan yang menyeluruh, dapat diketahui penyebab pasti terlambat menstruasi Anda. Lalu, dapat diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.