Muntah setelah sikat gigi dan tenggorokan kering

SS Info Penanya: SS, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanyaKenapa setelah sikat gigi saya slalu mual mual bahkan muntah,dan juga bila tenggorokan mengering maka langsung muntah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Refleks muntah memang bisa terangsang di daerah pangkal lidah dan tenggorokan. Terutama tenggorokan yang sangat sensitif dan mencegah apapun masuk kedalam. Sehingga air, odol dan air liur yang masuk merangsang sensasi muntah. Begitu juga jika menyikat terlalu keras dan dalam dapat memancing refleks muntah. Faktor psikologis juga berperan, karena terbiasa muntah saat menyikat gigi. Misalnya ada juga yang muntah kalau mau buang air besar.

Sebelum sikat gigi jangan minum teh atau kopi dulu karena dapat memancing asam lambung dan akibatnya timbul mual. Begitu juga obat-obatan sebaiknya diminum sesudah makan. Bagaimana cara mengatasinya, coba bernafas dengan santai saat sikat gigi, sikat dengan lembut dan hindari terkena bagian dalam mulut.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Retakan pada gigi dapat membuat lapisan gigi menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

4 Penyebab Gigi Ngilu Selain Gigi Sensitif dan Gigi Berlubang

Gigi ngilu dapat menghambat aktivitas, terutama saat makan dan minum. Penyebab gigi ngilu, antara lain gigi retak, resesi gusi, abses gigi, dan radang gusi. Keempat gangguan gigi terebut dapat menyebabkan peradangan pada saraf yang memicu rasa ngilu di gigi.