Muntah-muntah dan BAB cair, bagaimana cara mengatasinya?

SY Info Penanya: SY
Selamat pagi dokter..dok sy mau tanya klau kelebihan asam lambung trus sering muntah muntah di sertai BAB nya air kepala pusing dan batuk...saya harus gimana sedangkan sy sudah 3x brobat ke klinik...terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, pak SY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala yang Anda tunjukkan kemungkinan akibat sesuatu yang Anda makan. Dengan riwayat sakit lambung sebaiknya Anda menghindari makanan berminyak, bersantan, asam dan pedas. Saat ini perut Anda sedang radang dan iritasi, bisa saja makanan yang masuk tidak cocok atau mengandung kuman. Sehingga pencernaan Anda berusaha mengeluarkan makanan tersebut dengan cepat. Caranya dengan BAB cair dan muntah-muntah. 

Resiko utama pada Anda adalah dehidrasi dan kesulitan masuk makanan atau minuman, apalagi obat minum. Sebaiknya Anda ke RS terdekat untuk evaluasi lebih lanjut, kemungkinan Anda memerlukan obat suntik atau cairan infus untuk memperbaiki keadaan umum Anda. Dan Anda juga memerlukan konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama yang ahli di bidang pencernaan. Sementara Anda perlu mengistirahatkan pencernaan Anda, berikut artikel mengenai makanan yang aman untuk penderita asam lambung.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba sebagai pengganti obat sakit perut melilit

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, baik itu dalam bentuk kram, mual, dan diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa makanan dan minuman ini, sebagai pengganti obat sakit perut melilit.