Muntah jika kelelahan serta saat menangis pada anak

R Info Penanya: R, Pria, 30 Tahun
Salam dokter,Anak saya kalau kelelahan akan muntah. Anak juga sering muntah bila menangis. Apakah ini gejala suatu penyakit? Mohon petunjuknya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam kembali untuk Bapak R,

Muntah bukanlah merupakan suatu penyakit, namun muntah adalah salah satu refleks normal pada tubuh untuk membersihkan saluran pencernaan.  Muntah pada anak memang sering menimbulkan kecemasan pada orang tua karena muntah yang berlebihan disertai dengan demam, dan gejala sakit lainnya akan menyebabkan anak mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi ini merupakan kondisi yang serius dan harus ditangani secepatnya oleh Dokter.

Muntah dapat juga disebabkan bila anak kelelahan  hal ini tejadi karena saat lelah terjadi kontraksi dari otot perut dan otot pencernaan lainnya sehingga mendorong isi lambung keluar. Saat anak menangis, lendir dari ingus akan tertelan dan dianggap sebagai benda asing, dan akan merangsang reflek muntah dan hal ini juga merupakan hal yang normal.

Untuk tindakan pencegahan, bila setelah makan atau minum susu biasakan anak untuk meristirahan setengah jam sebelum mulai bermain. Kurangi aktifitas anak sehingga tidak sampai menyebabkan anak kelelahan. Setelah bermain, istirahatkan anak dahulu sebelum mulai memberikan makanan dan minuman.

Bila muntah berulang ulang disertai panas, mencret, kejang dan anak terlihat sangat sakit, segeralah bawa anak ke Rumah Sakit terdekat.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain memberikan obat muntah untuk anak, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengobati muntah pada anak

5 Tindakan Penanganan saat Anak Muntah, Orangtua Wajib Tahu

Jangan sembarangan memberi obat muntah untuk anak. Sebaiknya, lakukan langkah-langkah berikut ketika anak muntah agar ia terhindar dari dehidrasi.