Muntah darah, penyebabnya apa ya dok?

EN Info Penanya: EN, Wanita, 2019 Tahun
Maaf saya. Mau tanya , kaka saya akhir" ini sering muntah darah ,penyebab nya apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Muntah darah penyebabnya kemungkinan besar dari saluran pencernaan. Lokasinya bisa bermacam-macam misalnya dari kerongkongan akibat ada varises (pembesaran pembuluh darah) yang mengakibatkan mudah luka dan mengeluarkan darah. Atau bisa juga darah tertelan di lambung dan mengakibatkan mual serta akhirnya dimuntahkan dengan mengandung darah. Bisa juga ada luka di lambung itu sendiri karena luka kecil di lambung dapat mengakibatkan perdarahan yang cukup banyak karena tekanannya tinggi. Bisa juga darah berasal dari usus terutama usus yang dekat dengan lambung, sehingga bisa refluks/kembali ke lambung dan akhirnya dimuntahkan. Selain muntah darah bisa juga disertai buang air besar mengandung darah.

Dimanapun lokasi perdarahannya, memerlukan pemeriksaan lebih lanjut karena potensial berbahaya. Pemeriksaan dengan konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama dengan keahlian khusus bidang pencernaah (Gastro Entero Hepatologi). Pemeriksaan laboratorium darah, USG dan Endoskopi bila dirasakan perlu oleh dokternya. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.