Muntah darah karena makanan pedas,apakah bisa?

HK Info Penanya: HK, Pria, 2019 Tahun
Muntah darah karena disebabkan oleh kepedasan-gejala apakah itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, H

 

Konsumsi makanan pedas yang dimakan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan radang dan luka di saluran pencernaan, selain luka pada lambung dan usus juga bisa menyebabkan perlukaan di tenggorokan dan kerongkongan sehingga gejala yang dialami adalah mual, muntah, nyeri perut dan keluar darah. Tapi, biasanya jika hanya karena makanan pedas tidak menyebabkan muntah darah dalam jumlah banyak ya, perlu dipikirkan juga penyakit lainnya.

Seperti :

  • Varises esophagus:Pecahnya pembuluh darah pada kerongkongan, muntah darah berwarna merah segar dan ini merupakan hal gawat darurat
  • Gangguan lambung berupa tukak lambung dengan gejala adanya muntah darah kehitaman
  • Keganasan berupa kanker  

 

Saya sarankan segera ke UGD karena sudah mengalami muntah darah dan juga hal ini merupakan kondisi yang harus segera ditangani

Tips untuk anda adalah hindari makanan pedas, asam lalu jangan menunda waktu makan, hindari konsumsi kopi, hindari merokok dan meminumalkohol, hindari konsumsi obat tanpa petunjuk dokter, istirahat cukup, perbanyak minum air putih.

 

Semoga membantu

dr. Karlina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tiga penyebab bayi batuk muntah adalah stenosis pilorus, refluks esofagus, dan infeksi

Kenali dan Antisipasi 3 Penyebab Bayi Batuk Muntah Ini

Bayi batuk muntah merupakan kondisi yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Ada 3 penyebab bayi batuk muntah, yaitu stenosis pilorus, refluks esofagus, dan infeksi.