Muntah beserta keluar darah

S Info Penanya: S
dok..anak saya berusia hampir 6 tahun..anak saya kini demam mencapai 38°cc sudah berobat di bidah terdekat,sudah turun dari demam sekarang anak saya batuk berdahak dan ada darah berwarna merah muda sedikit,dan sempat mimisan 2x...dan tadi anak saya muntah ada darahnya lagi warnanya sama dan juga sedikit.apakah ini karna radang karna anak saya sempat merasa kesakitan pada tenggorokannya atau apakah ini dok penyakit apa yg sedang anak saya idap...mohon penjelasan dokter.???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Demam merupakan reaksi tubuh bila ada infeksi di dalam tubuh sebagai usaha pertahanan tubuh menghadapi bakteri, virus atau parasit yang menyerang. Demam yang mendadak tinggi biasanya disebabkan oleh infeksi virus, sedangkan demam yang perlahan-lahan naik biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Bila demam disertai dengan batuk berdahak yang bercampur dengan darah atau muntah darah, Anda perlu waspada karena bisa disebabkan oleh :
  1. Demam berdarah. Karena demam berdarah memiliki fase bebas demam, biasanya terjadi pada hari ke 4 sakit, sehingga anak tampak seolah-olah sudah sembuh karena sudah tidak demam, padahal ini merupakan fase kegawatan pada demam berdarah. Sering muncul perdarahan berupa mimisan, bercak bintik-bintik kemerahan di kulit, gusi berdarah, hingga muntah darah.
  2. Iritasi tenggorokan. Terlalu sering batuk juga bisa menimbulkan tenggorokan luka sehingga timbul bercak darah.
  3. Infeksi paru-paru seperti TBC dapat menimbulkan batuk yang disertai dengan darah.
  4. Perdarahan dari lambung, biasanya ditandai dengan muntah disertai bercak kecoklatan atau kehitaman.
Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi demam adalah :
  1. Beri minum air putih lebih banyak dari biasanya.
  2. Hindari makanan berlemak seperti santan dan gorengan.
  3. Berikan makanan lunak seperti bubur atau sop yang mudah ditelan.
  4. Hindari makanan atau minuman yang panas agar tidak semakin perdarahan.
  5. Kompres menggunakan air hangat pada dahi, ketiak bila masih demam.
  6. Berikan paracetamol bila anak demam atau mengeluh pusing.

Namun sebaiknya Anda segera membawa anak Anda untuk periksa ke dokter spesialis anak untuk mendapat penanganan lebih lanjut, terlebih bila anak Anda sudah demam selama 3 hari, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan darah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.