Apa penyebab muntah berbusa putih?

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau nanya,saya muntah tapi keluar air berbusa putih itu kenapa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Muntah merupakan gejala keluarnya isi di lambung yang diakibatkan karena banyak hal. Yang dikeluarkan biasanya makanan, air, dan cairan lambung.

Penyebab muntah yaitu karena maag atau GERD, keracunan makanan, diare, infeksi pada saluran cerna, kehamilan, kelelahan, stres, dll. 

Terkait dengan gejala Anda ini, pada umumnya hampir semua orang mengalami muntah yang disertai dengan air yang berbusa bening atau putih. Itu hal yang wajar. Jika sebelumnya Anda tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun sebelum muntah, maka busa tersebut akibat dari gas lambung. Tetapi, jika Anda ada mengkonsumsi makanan atau minuman sebelum muntah, maka busa putih yang muncul dipengaruhi oleh makanan atau minuman yang Anda konsumsi. 

Untuk mengatasi gejala yang Anda alami ini, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang tidak asem, tidak pedas, dan tidak bersantan. Lalu, konsumsi air hangat yang cukup. Jika Anda punya riwayat penyakit maag, Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan maag yang biasa Anda konsumsi. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alpukat tidak bersifat asam menjadi buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.