Telat haid 3 minggu dan testpack negatif, mungkinkah hamil?

T Info Penanya: T
umur saya 26 thn, sdh menikah sekitar 7bln. telat haid sdh 3minggu, tapi saat testpack hasilnya negatif. apakah ada kemungkinan terbesar untuk hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, T.

Terlambat haid sering kali dijadikan petunjuk utama tanda kehamilan. Hal tersebut tidaklah salah karena pada kehamilan, hormon pada siklus menstruasi tidak lagi menghasilkan sel dan meluruhkannya karena sudah ada yang dibuahi dan menempel pada dinding rahim. Namun demikian, keterlambatan haid masih bukan merupakan tanda mutlak kehamilan karena masih banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan keterlambatan haid. 

Berikut beberapa faktor penyebab keterlambatan haid, diantaranya adalah :

  • adanya kenaikan dan penurunan berat badan yang drastis
  • stres dan gangguan psikologis lainnya
  • gangguan pola makan seperti anoreksia dan bulimia
  • latihan stamina tertentu
  • dalam kondisi medis atau mengidap penyakit tertentu

Selain itu masih banyak tanda-tanda lainnya yang dapat mengawali kehamilan, yakni :

Terkait dengan keluhan keterlambatan haid pada Anda yang telah melakukan test pack dan hasilnya negatif, Anda dapat mengulangnya kembali satu minggu kemudian apabila haid masih belum datang. Hal tersebut berkaitan dengan hormon kehamilan yang mungkin masih belum meningkat secara signifikan pada Anda, jika benar terjadi kehamilan. 

Namun, jika hasil test pack tetap negatif, dan tidak kunjung datang haid, ada baiknya Anda memeriksakan diri pada dokter Spesialis Kandungan untuk memastikan penyebab dari keadaan tidak haid pada Anda. Dokter Kandungan umumnya akan melakukan pemeriksaan USG agar dapat melihat secara langsung keadaan rahim Anda, mengindentifikasi gangguan yang dialami dan dapat memeberikan terapi sesuai dengan faktor penyebab yang ditemukan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Untuk mencegah infeksi selama kehamilan, selalu jaga kebersihan diri anda, dan hindari area endemik infeksi.

Waspadai Infeksi-infeksi Ini Selama Masa Kehamilan

Salah satu kondisi yang paling ditakutkan selama kehamilan adalah infeksi. Hal itu disebabkan efek dari infeksi dapat memengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Beberapa infeksi virus yang dapat menyerang ibu hamil adalah klamidia, herpes, zika, dan rubella. Untuk pencegahannya, Anda disarankan untuk menghindari area endemik infeksi, selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dan menjaga kebersihan.