Mungkinkah hamil alami saat didiagnosis endometriosis?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Salam kenal dokter, saya wanita usia 30 tahun dan sudah menikah. Saya baru-baru ini didiagnosis endometriosis. Banyak anggapan kalau endometriosis memengaruhi kesuburan. Padahal saya dan suami sedang menjalankan program kehamilan dok. Apakah saya bisa melanjutkan program kehamilan secara alami atau harus memilih program bayi tabung dok? Dan apakah setelah melahirkan nanti ada kemungkinan endometriosis ini hilang atau berkurang atau sebaliknya? Terima kasih sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Endometriosis adalah penyakit dimana jaringan endometrium yang seharusnya tumbuh di dalam uterus malah tumbuh di tempat-tempat lain seperti tuba falopi, ovarium, rongga perut. Karena pertumbuhan yang tidak normal ini akan mempengaruhi kesuburan seorang wanita, dan bila terjadi pada wanita yang sedang hamil, maka akan meningkatkan kemungkinan komplikasi seperti keguguran, bayi lahir prematur, plasenta previa, dll.

Sebaiknya Anda melakukan pengobatan untuk menangani endometriosis terlebih dahulu, baru merencanakan program kehamilan. Bila endometriosis sudah terkontrol maka Anda bisa memulai program kehamilan.

Selain penanganan dari dokter, Anda juga perlu memperhatikan pola hidup sehat sebagai berikut :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Olahraga secara teratur, 30 menit setiap hari.
  3. Tidur secara teratur, hindari begadang.
  4. Kurangi stres.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan berkala ke dokter kandungan agar endometriosis dapat terkontrol dan Anda bisa hamil.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi vitamin E untuk kesuburan tidak boleh melebihi kadar 1000 mg dalam seharinya

Sedang Program Hamil? Ketahui Khasiat Vitamin E untuk Kesuburan

Biasa dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kulit, ternyata juga ada khasiat vitamin E untuk kesuburan. Asupan vitamin E pada dosis yang sesuai dapat berperan penting bagi kesuburan pria dan wanita.