Flek cokelat setelah seminggu haid, apakah boleh beribadah?

R Info Penanya: R
Halo dok, saya 18 tahun. Akhir akhir ini setiap saya selesai haid selama seminggu trus 4 hari kemudian muncul flek cokelat lagi dok, apakah wajar? Lama flek nya juga hampir semingguan dok, ini masih termasuk haid atau apa ya dok? Apakah saat seperti saya juga tidak boleh melakukan ibadah sholat? Bagaimana untuk menghentikan flek ini dok? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Flek coklat adalah perdarahan yang terjadi baik dari organ kelamin ataupun dari saluran reproduksi. Dimana keluarnya flek perdarahan diluar masa menstruasi adalah gejala yang bisa timbul karena beragam penyebab seperti:

  • Masalah hormonal
  • Masalah reproduksi seperti tumor jinak di rahim, kista, adanya polip dan lainnya
  • Infeksi pada vagina, polip vagina ataupun peradangan vagina
  • Penyebab lain yang perlu dipastikan dengan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan

Flek sendiri perlu diwaspadai jika terjadi lebih dari 7 hari, dimana kondisi ini tidaklah normal dan bisa mengganggu siklus menstruasi. Apabila terus timbul flek, apalagi keluar setiap hari bisa berisiko terjadi anemia.

Untuk masalah ibadah, ada baiknya ditanyakan kepada yang lebih memahaminya atau yang lebih memiliki pemahanan seperti oleh pemuka agama baik ustadz atau ustadzah ataupun pemuka agama lainnya agar mendapatkan penjelasan yang tepat. 

Untuk bisa menghentikan perdarahan menstruasi, nantinya akan diberikan obat baik yang sifatnya hormonal ataupun yang non hormonal untuk menghentikan perdarahan selagi memperbaiki apa yang jadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wasir bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan gatal pada bagian anus

Apa Itu Wasir? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak sedikit orang yang mengalami wasir. Kondisi ini bisa membuat anus terasa gatal dan tidak nyaman, bahkan pada kasus yang parah mengakibatkan pendarahan. Lantas, apa itu wasir?