22 Jan 2021, 19:05Kandungan

Apa yang menyebabkan flek atau bercak coklat setelah haid dan berhubungan?

FS
Info Penanya: FS0
Dok, Sodara saya muncul setes dua tetes bercak coklat setelah seminggu haid dan 3 hari setelah hubungan. Apa itu termasuk sisa darah haid atau darah implantasi?
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang FSAdanya keluar darah di luar masa haid dapat disebabkan oleh berbagai hal. Hal ini bisa menjadi tanda dari kondisi yang wajar terjadi hingga tanda dari suatu kondisi yang serius.

Penyebab keluar darah setelah haid dan berhubungan intim

Flek coklat yang keluar ini bisa disebabkan sisa darah haid yang masih tertinggal dan menempel di sinding rahim. Sisa darah haid ini dapar keluar di waktu kapan pun. Flek coklat juga bisa dari luka lecet akibat gesekan saat berhubungan intim. Hal-hal ini wajar terjadi dan dapat membaik dengan sendirinya.Flek coklat yang keluar tanda implantasi pada kehamilan akan terjadi apabila sudah ada pembuahan sel telur oleh sel sperma dan biasanya muncul pada beberapa minggu setelah pembuahan dan disertai dengan tanda-tanda kehamilan lainnya. Jadi darah yang keluar setelah 3 hari berhubungan bukan merupakan tanda implantasi. Untuk mengusahakan kehamilan anda harus menghitung masa subur dan melakukan hubungan intim dengan suami anda pada masa itu. Masa subur tergantung dari panjang siklus haid yang rentangnya dapat terjadi pada hari ke 11-21 setelah hari pertama haid terakhir. Anda juga bisa menggunakan aplikasi di hp anda untuk menghitung masa subur.

Kondisi yang diwaspadai bila keluar darah di luar siklus haid

Hal-hal yang harus diwaspadai pada darah yang keluar di luar siklus haid yang menjadi tanda dari suatu kondisi yang serius adalah apabila:
  • disertai dengan keputihan yang berbau
  • nyeri perut bawah hebat
  • nyeri saat berhubungan intim
  • perdarahan banyak dan menggumpal
  • demam, mual muntah, badan lemas
  • berat badan turun banyak dengan cepat
Bila menemui hal-hal di yang diwaspadai atau anda ingin melakukan program kehamilan atau menunda kehamilan dengan alat kontrasepsi maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan melalui chat atau dapat langsung memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan di klinik atau rumah sakit terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehatdr. Pany CL
kehamilanhaidflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil