Muncul memori masa lalu yang dibenci, merasa rendah diri dan tidak percaya orang lain.

LF Info Penanya: LF, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya, saya kadang suka bergelut dengan batin saya sendiri terkadang sering muncul memori yg pernah terjadi dan saya benci itu. Dan saya kadang merasa gapunya masalah beban hidup tapi kadang saya merasa bahwa diri saya paling menyedihkan seakan semua orang itu pembohong dan berpupura pura. Kadang saya suka lupa apa itu bahagia dan kadang saya ingin menangis tapi gabisa. Saya bingung mengutarakan apa yg terjadi pada diri saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LF

Kemungkinan anda mengalami gejala depresi, suatu gangguan mental yang sering terjadi dan termasuk gangguan medis yang serius. Karena depresi mempengaruhi perasaan anda, cara berpikir anda dan tindakan anda. Sehingga dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Beberapa gejala depresi dari yang ringan sampai berat seperti merasa sedih, tidak ada gairah, perubahan selera makan, sulit tidur atau terlalu banyak tidur, tidak ada tenaga atau cepat lelah, merasa tidak berharga atau bersalah, sulit berpikir atau konsentrasi serta memikirkan untuk bunuh diri.

Ada beberapa kondisi klinis yang juga bisa menandakan gejala seperti depresi misalnya gangguan tiroid, kekurangan vitamin atau gangguan di otak. Sehingga anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter untuk mengevaluasi gejala anda.

8 Cara Sederhana yang Membantu Meredakan Depresi

Manfaat Kebiasaan Berolahraga Terhadap Stres dan Depresi

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengobatan depresi pada lansia dapat dilakuakn dengan terapi, termasuk obat-obatan dan konseling

Memahami Depresi pada Lansia, Apa Penyebab dan Cara Mengobatinya?

Depresi pada lansia berbeda dengan depresi pada orang dewasa atau yang berusia lebih muda. Depresi pada lansia sering muncul dengan penyakit lain atau cacat, dan biasanya berlangsung lebih lama. Risiko depresi pada lansia meningkat jika ditemukan kondisi, seperti: kurang bergaul, tidak memiliki pasangan, dan stres.