Apa penyebab munculnya darah dan lendir pada vagina setelah masa haid?

KE Info Penanya: KE, Wanita, 23 Tahun
Dok mau tanya saya terakhir haid hari kamis, 14 April. Kamis malam berhbungan, pagi hr saat ke kamar mandi BAK dan membersihkan vagina muncul lendir seperti darah haid, tapi tidak terlalu banyak dan hanya sekali itu saja... Kira2 kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KE.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Haid atau menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina. Hal ini merupakan keadaan normal dan berkala yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi pada wanita. Siklus haid pada wanita berbeda-beda, umumnya terjadi sekitar 28 hari. Siklus haid masih dikatakan normal jika terjadi pada rentang waktu 21-35 hari. Cara menghitung siklus haid adalah mulai dari hari pertama pada terakhir haid, sampai dengan hari pertama Anda haid berikutnya.

Haid terjadi selama 2-7 hari. Haid biasanya dimulai dengan bercak coklat kemudian dilanjutkan dengan perdarahan berawana merah dan diakhiri dengan bercak coklat kehitaman yang merupakan tanda berakhirnya haid. 

Kemudian, terkait cerita Anda bahwa darah keluar pada saat buang air kecil, bukan tidak mungkin bahwa darah berasal dari saluran kemih. Hal yang menyebabkan buang air kecil berdarah misalnya infeksi saluran kemih atau batu saluran kemih. Selain itu bisa saja terjadi akibat adanya perlukaan pada organ kewanitaan.

Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara menjaga kebersihan pada area  kewanitaan, menggunakan pakaian dalam yang berbahan lembut dan juga menyerap keringat, mengganti pakaian dalam minimal 2x sehari, serta tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Jika keluhan dirasakan memberat bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.