Telat haid 1 minggu lebih, tetapi sudah muncul gejala haid, apa penyebabnya?

SI Info Penanya: SI, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok, saya umur 22 tahun, belum menikah. Tgl 18 juli saya haid lalu di tgl 4 agustus saat sedang BAK keluar lendir berwarna coklat muda, lendir itu hanya keluar sekali saat sore. kemudian tgl 5 agustus pun sama, hanya warnanya lebih hitam. tgl 17 agustus kemarin seharusnya saya haid, gejala haid sudah muncul sampai saat ini, tetapi saya tidak kunjung haid apa penyebabnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SIA.

Telat haid merupakan keluhan yang sangat umum dialami oleh sebagian besar wanita di dunia. Pasalnya terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan mengakibatkan gangguan haid. Umumnya faktor-faktor tersebut berhubungan dengan hormon pengatur siklus menstruasi.

Berikut beberapa faktor yang dapat mengakibatkan gangguan haid, antara lainnya ialah :

  • tubuh yang terlalu gemuk atupun terlalu kurus
  • pola makan yang tidak sehat
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelelahan
  • stres, kecemasan berlebih dan gangguan emosional lainnya
  • sangat kurang berolahraga maupun sedang dalam program latihan tertentu, seperti atlet
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan
  • penyakit tertentu, seperti PCOS atau sindroma polikistik ovarium, gangguan kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai gejala haid atau yang disebut dengan sindrom pramenstrual (PMS) dapat terjadi lebih lama karena adanya gangguan haid berupa keterlambatan akibat salah satu faktor diatas. Untuk memastikan faktor apa yang mendasari keterlambatan haid pada Anda diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan mengenai darah yang kehitaman dapat terjadi secara normal karena darah teroksidasi atau tersimpan lama dalam tubuh sehingga tidak lagi mengandung oksigen.

Untuk sementara Anda dapat menggunakan tips alami untuk mengatasi keluhan telat haid Anda dengan cara mengonsumsi air rebusan jahe dan kunyit yang diberi bubuk kayu manis. Anda juga dapat melakukan olahraga yoga secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap sesinya.

Jika setelah melakukan tips alami diatas namun telat haid masih berkelanjutan, ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter Kandungan secara langsung.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.