04 Nov 2021, 21:09Kandungan

Terlambat haid dan ada garis coklat d perut, apakah hamil?

BR
Info Penanya: BR, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mulai haid tanggal 30september seperti biasa darah yg keluar pun banyak dan di tanggal 30 oktober saya haid lagi tp tidak begitu deras seperti biasa nya hanya sekitar beberapa hari Dan akhir akhir ini saya ada riwayat berhubungan sex walaupun ejakulasi diluar tp saya tdk memakai pengaman Dan baru saya sadari bagian perut kelihatan membesar dan muncul garis agak coklat dari arah pusar ke vagina Apa mungkin saya sedang mengandung? Dg siklus haid seperti ini apa saya bisa dg mudah hamil?
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, BTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid setelah melakukan hubungan seks, bisa disebabkan karena kehamilan atau bisa juga terjadi akrena faktor lain yang bisa mempengaruhi siklus haid. Siklus haid yang normal adalah 21 hari - 35 hari dengan perdarahan haid normal terjadi selama 3 - 7 hari.

Geris coklat di perut, apakah tanda hamil?

Garis coklat di perut yang membantang dari area pusar hingga area kemaluan wanita yang berwarna kecoklatan disesebtu dengan linea nigra. Meskipun line nigra pada ibu hamil nampak lebih jelas dibandingan dengan wanita yang tidak hamil, namun kondisi inibukanlah tanda pasti dari kehamilan.  Perlu diketahu bahwa tanda pasti dari kehamilan adalah hsil pemeriksaan fisik oelh dokter, hasil test pack positif dan hasil USG kandungan. Untuk itu, Anda bsia melakukan test pack untuk memastikan apakah Anda terlambat haid karena hamil, atau karena faktor lainnya.

Faktor lain yang bisa menyebabkan wanita terlambat haid selain hamil adalah:

  • Terjadi perubahan berat badan mendadak
  • PCOS
  • Gangguan hormon
  • Stres, cemas
  • Efek KB
  • Kelelahan
  • Penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Kondisi medis lain
Saat ini pastikan Anda konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, istirahat cukup, atasi stres dan jaga kebersihan serta kesehatan organ reproduksi. Jika hasil test pack masih negatif, silakan lakukan test pack kembai dengan jeda 7 hari kemudian untuk memastikan. Lakukan juga pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami terkai terlambat haid di bawah ini:Telat haid biasa atau hamil apa bedanya?Terlambat haid, apa saja penyebabnya?Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekssekshamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil