Apakah penyebab flek setelah haid?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya udh selesai halang dari seminggu lalu, terus tiba" setelah satu minggu selesai haid saya mlh mengalami flek kecoklatan, saya bingung dan takut. Apa penyebabnya ya dok? Apa itu berbahaya? Tolong dijawab trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Flek adalah munculnya perdarahan yang berupa bercak dari organ kewanitaan. Darah yang keluar bisa berwarna merah terang, merah gelap, atau bahkan kecokelatan. Flek sering kali muncul menjelang masa haid, atau pun saat menjelang haid selesai. Namun, flek juga bisa muncul beberapa hari setelah haid. 

Adapun beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan flek adalah:

  • Adanya sisa perdarahan haid sebelumnya
  • Adanya infeksi menular seksual
  • Adanya efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi terutama yang ebrsifat hormonal (suntik KB, Pil KB, KB implan dan lain sebagainya)
  • PCOS
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita yang lainnya
  • Tanda awal kehamilan (perdarahan implantasi)

Terkait dengan keluhan Anda, bila sebelumnya Anda maelakukan hubungan seksual sebaiknya Anda melakukan tes kehamilan untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan. Bila perdarahan berlangsung lebih dari 3 hari, disertai dengan rasa nyeri hebat pada perut, demam, berbau, nyeri sata melakukan hubungan seksual, nyeri atau muncul sensasi panas saat buang air kecil (BAK), atau disertai dengan keluhan penyerta yang lainnya segeralah periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang, cukupilah kebutuhan cairan harian Anda, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, jaga kebersihan area organ kewanitaan, serta lakukanlah olahraga agar badan tetap sehat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.