14 Jun 2020, 10:21Kandungan

Mengapa keluar flek setelah pakai alat kontrasepsi darurat?

L
Info Penanya: L0
Dok saya, terakhir mens 30mei-4juni. Tgl 9 saya berhubungan&mengkonsumsi pil darurat saat hari itu jga. Mengkonsumsinya pil 1dgn pil 2 selang 12jm.tgl 14 juni saya mendapati flek darah. Apakah ini tanda hamil atau efek dari pil? Jika efek dari pil apakah aman? Apa ada cara lain untuk mengobatinya?
14173 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat sore, L. Kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi berbentuk pil yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi ini dapat digunakan sesegera mungkin setelah pasangan suami istri melakukan hubungan seksual. 

Efek samping penggunaan alat kontrasepsi darurat dapa berupa:

  • Mual sampai muntah.
  • Pusing, sakit kepala, lemas.
  • Payudara menjadi lebih sensitif.
  • Sakit perut bahkan sampai diare.
  • Gangguan siklus menstruasi.
  • Keluarnya flek atau perdarahan ringan.
Terkait dengan kondisi Anda, untuk kemungkinan hamil rasanya tidak mungkin dikarenakan proses kehamilan butuh waktu sedangkan Anda baru saja haid tanggal 4 lalu. Kemungkinan darah yang keluar berupa flek tersebut adalah efek samping dari pil kontrasepsi darurat tersebut. Jika perdarahan terus berlanjut sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kandungan ya.Saran kami apabila Anda ingin menunda kehamilan sebaiknya Anda memilih metode kontrasepsi lain saja. Untuk mengembalikan siklus menstruasi yang mungkin terganggu akibat pil kontrasepsi darurat Anda dapat melakukan olahraga teratur, kelola stres, banyak minum air putih dan banyak makan sayur serta buah. Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
kesehatan organ intimkesehatan kandungankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil