12 Nov 2020, 11:24Kulit & Kelamin

Muncul bercak darah setelah berhubungan

AC
Info Penanya: AC0
Siang dok, saya mau bertanya Saya baru selesai mens tanggal 1, dan Tanggal 5 November mengalami pendarahan seperti awal mens hanya 1 hari saja Saya tanggal 8 November berhubungan dengan suami saya, lalu senin tgl 9 sampai tgl 12 keluar bercak sangat sedikit, Kenapa jadi sering mengeluarkan darah dok? Apakah berbahaya? Atau normal?
589 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AC,Perdarahan setelah berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab. Bisa disebabkan oleh infeksi di saluran reproduksi, luka di saluran reproduksi karena gesekan saat berhubungan seksual, vagina kering, peradangan vagina, adanya masalah di organ reproduksi seperti polip, endometriosis, tumor jinak, bisa juga karena penyebab lain seperti infeksi menular seksual.Beberapa flek darah bukan merupakan hal yang berbahaya tetapi perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Upayakan untuk melakukan sejumlah hal untuk mengurangi dan menghindari terjadinya perdarahan setelah berhubungan seksual seperti:
  • Lakukan pemanasan lebih lama 
  • Hindari terburu-buru melakukan penetrasi
  • Gunakan pelumas tambahan untuk mengurangi gesekan selama berhubungan seksual
  • Hindari penggunaan sabun pembersih khusus kewanitaan agar tidak memicu iritasi dan vagina kering
Periksakan pada d ter spesialis kandungan dan kebidanan jika flek darah masih tetap keluar. Nantinya perlu dilakukan penanganan baik dengan pemberian obat untuk menghentikan perdarahan ataupun tindakan medis untuk mengatasi penyebab perdarahannya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualpendarahanflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil