Muncul berbagai keluhan setelah makan leunca dan terong

Y Info Penanya: Y
Selamat malam, saya baru saja makan leunca, tiba tiba wajah saya merah, telinga panas, mata lelah, denyut jantung keras dan agak cepat, lalu sakit kepala, apakah alergi? Ini juga terjadi jika saya makan terong
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Y,

Munculnya berbagai keluhan seperti wajah merah, telinga panas, jantung berdebar, sakit kepala setelah makan sesuatu seringkali disebabkan oleh alergi makanan tersebut. Keluhan tersebut sebagai reaksi tubuh terhadap alergen yang masuk ke dalam tubuh dan beredar melalui darah, sehingga pada bagian-bagian tubuh yang banyak mengandung pembuluh darah maka akan muncul ruam-ruam kemerahan yang disertai rasa panas dan gatal.

Reaksi alergi yang berlebihan dapat menimbulkan bengkak di wajah, mual, hingga sesak napas yang sangat mengancam nyawa sehingga membutuhkan pertolongan segera.

Alergi dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti :

  1. Makanan : coklat, telur, ayam, susu, keju, kacang, seafood.
  2. Cuaca dingin. Cuaca dingin dapat memicu reaksi alergi seperti batuk-batuk, pilek. 
  3. Debu, bulu binatang, serbuk bunga.

Alergi tidak dapat dihilangkan, yang dapat dilakukan adalah menghindari pemicu terjadinya alergi tersebut. Bila alergi terlanjur muncul maka segera minum obat golongan antihistamin untuk meredakan reaksi alerginya. Selain itu dapat digunakan antihistamin topikal seperti calamin lotion di tempat munculnya ruam kemerahan.

Bila keluhan alergi disertai sesak napas atau napas terdengar mengi, tampak wajah bengkak maka segera periksakan diri ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan segera. Karena reaksi alergi dapat menyumbat saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan kematian.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal selangkangan atau jock itch dapat diakibatkan oleh infeksi jamur tinea cruris

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan dan Cara Mencegahnya

Gatal selangkangan biasanya disebabkan oleh kutu kemaluan dan infeksi jamur cruris. Infeksi jamur cruris tidak hanya dapat terjadi pada selangkangan saja, tetapi bisa juga pada daerah paha dalam dan pantat. Ciri-ciri gatal selangkangan dapat dilihat dari kulit pada selangkangan akan berwarna kemerahan serta pecah-pecah atau mengelupas.