Muncul benjolan di pusar apa penyebabnya?

N Info Penanya: N
Jadi dok, beberapa bulan lalu pusar saya kluar semacam nanah, berbau gitu. Udah ke dokter, sembuh kan. Terus akhir-akhir ini pusar saya keluar semacam daging gituuu. Saya kompres air hangat. Apakah berbahaya ? Perlukah operasi ? Bgaimana penanganannya ? Bagaimana dengan obatnya ? Terimakasih dok. Mohon bant
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Keluhan keluar nanah dari pusar bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang hanya sebatas lokal di kulit pusar akibat kebiasaan membersihkan atau menggarukkan pusar secara berlebihan hingga lecet dan terinfeksi atau infeksi yang berasal dari dalam rongga perut.

Bila sekarang muncul benjolan dari pusar kemungkinan bisa disebabkan luka yang kemarin menyisakan jaringan parut yang menonjol atau memang ada benjolan dari dalam rongga perut seperti hernia umbilikalis.

Sementara hindari memencet-mencet benjolan, bisa dengan mengompres benjolan menggunakan air hangat, hindari mengejan atau mengangkat beban berat, minum paracetamol bila terasa nyeri.

Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter bedah untuk memastikan benjolan yang Anda alami saat ini agar dapat ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang putih dan tea trea oil diyakini dapat mengatasi infeksi bakteri vagina

7 Cara Mudah untuk Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Keputihan bau amis menandakan ada yang tidak normal dalam tubuh Anda. Biasanya, keputihan abnormal disebabkan oleh vaginosis bakteri. 7 cara mudah ini yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keputihan bau amis.