Mulut rahim kecim apakah memungkinkan untuk hamil dan berapa usia pernikahan seharusnya sudah hamil?

MS Info Penanya: MS
dok, saya mohon informasinya.jika ada wanita memiliki mulut rahim cukup kecil apakah wanita tersebut memungkinkan untuk dapat hamil? dan berapa umur pernikahan yang seharusnya sudah hamil? terimakasih untuk informasinya dok.. Gbu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MS

Mulut rahim dan organ kandungan lainnya seperti rahim dan vagina memiliki kemampuan untuk merenggang pada saat proses persalinan spontan. Kendala yang menghalangi proses persalinan adalah ukuran tulang panggul karena tulang tentu saja tidak dapat merenggang pada saat persalinan. Sedangkan ukuran tidak berpengaruh pada kehamilan. Bahkan rahim sebelum hamil ukurannya sangat kecil dan baru mulai membesar mengikuti usia kehamilan.

Usia pernikahan rata-rata seorang wanita sampai dengan hamil biasanya sekitar 1 bulan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan diantaranya faktor genetik atau keturunan, faktor kesehatan kandungan (apakah ada kelainan pada indung telur atau rahim), faktor hormonal (apakah ada kelainan pada kadar hormon di dalam tubuh) serta faktor psikis yang dapat mempengaruhi hormonal.

Jadi anda harus pola hidup sehat, hindari rokok atau asapnya, menjaga berat badan ideal serta istirahat yang cukup. Bila khawatir bisa memeriksakan diri ke Dokter Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG. Ingin Merencanakan Program Hamil yang Sukses? Ikuti Tips Ini

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memperhatikan waktu yang tepat untuk bercinta adalah salah satu cara agar cepat hamil.

Agar Cepat Hamil, Anda Harus Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Buat Anda dan pasangan yang sedang menanti momongan, ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa dicoba. Ada beberapa cara agar cepat hamil yang bisa memperbesar kemungkinan kehamilan.