Multiple polip kandung empedu sebesar 0,47cm perlu dilakukan operasi tidak?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 20 Tahun
Dok kalo multipel polip kandungan empedu sebesar 0,47cm perlu dilakukan operasi tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AS,

Polip kandung empedu adalah benjolan yang terbentuk di dalam kandung empedu ketika lapisan kandung empedu tumbuh secara berlebihan. Benjolan ini dapat hanya muncul satu ataupun muncul beberapa benjolan (multipel) di dalam kandung empedu. Pada umumnya benjolan ini tidak berbahaya, namun bila jumlahnya banyak maka dikhawatirkan ada salah satu benjolan yang akan menjadi kanker. Selain dari segi jumlah benjolan, ukuran benjolan juga menjadi pertimbangan dokter bedah untuk melakukan operasi. Benjolan dengan ukuran diatas 1 cm akan lebih berisiko untuk menjadi kanker. Selain itu penderita polip kandung empedu dengan usia diatas 60 tahun juga lebih berisiko untuk terjadi keganasan. Faktor-faktor tersebut yang akan dipertimbangkan oleh dokter bedah sebelum melakukan tindakan operasi.

Untuk penyebab pasti polip kandung empedu belum diketahui saat ini, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar polip tidak semakin banyak dengan cara mengurangi asupan makanan berlemak, dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Selain dari faktor kandung empedu itu sendiri, dalam pengambilan keputusan apakah polip kandung empedu akan dioperasi atau tidak, dokter bedah juga akan mempertimbangkan penyakit penyerta lainnya seperti gagal jantung, diabetes, hipertensi pada penderita. Sehingga sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter bedah untuk memutuskan apakah polip tersebut perlu dioperasi atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita membutuhkan obat penghancur batu empedu guna menghancurkan batu empedu

Dari Alami Hingga Medis, Ini Sederet Obat Penghancur Batu Empedu yang Ampuh

Untuk mengatasi nyeri perut akibat batu empedu, Anda bisa memanfaatkan obat penghancur empedu paling ampuh dari bahan alami hingga obat dokter.