04 Aug 2020, 22:54Kandungan

Suntik KB apakah bisa mempengaruhi siklus menstruasi?

FL
Info Penanya: FL0
Maaf mengganggu sebentar dok , saya mau tanya, saya kan kb 3 bulan tgl 15 bulan 6 kemren , habis masa kb kan masih tgl 9 bulan 9 , dan tgl 4 bulan 8 saya mens , apa ini ada pengaruh di kb ya dok? Dan apa kah setelah saya men harus kb lagi atau bagaimana dok?
11219 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, FTerima kasih atas pertanyaan AndaBanyak sekali alat kontrasepsi yang digunakan oleh pasangan suami istri untuk dapat membantu menunda terjadinya kehamilan, salah satunya adalah dengan menggunakan metode suntik KB. Suntik KB seperti yang sudah diketahui terdapat 2 jenis, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Perbedaan dari kedua jenis suntik KB ini terletak pada hormon yang terkandung di dalamnya. Jika suntik KB 1 bulan mengandung hormon kombinasi progestin dan esterogen, pada suntik KB 3 bulan hanya mengandung hormon progestin. Perlu diketahui apabila dilakukan dengan rutin dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, baik suntik KB 1 bulan maupun 3 bulan ini memiliki efektifitas mencapai 99% dapat menunda kehamilan. Namun jika dilakukan secara tidak rutin maka peluang untuk terjadinya kehamilan semakin besar (efektifitas dari suntik KB menurun).

Kelebihan dan kekurangan suntik KB

Kelebihan dari suntik KB adalah:
  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain dan hitung masa subur saat melakukan hubungan seksual
  • Umumnya jarang menimbulkan reaksi saat sedang mengonsumsi obat lain
  • Dapat bertahan lama tergantung jenisnya (8-13 minggu)
  • Mengurangi nyeri menstruasi
Kekurangan dari suntik KB adalah:
  • Siklus menstruasi menjadi tidak lancar
  • Nyeri kepala, perut, dan atau payudara
  • Munculnya jerawat
  • Nafsu makan meningkat, berat badan bertambah
  • Nyeri pada area suntikan
Terkait dengan pertanyaan Anda, siklus menstruasi yang tidak teratur salah satunya bisa merupakan efek samping dari penggunaan suntik KB. Sebaiknya tetap lakukan suntik KB sesuai jadwal yang telah ditentukan agar tetap efektif dalam menunda kehamilan. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat bila terdapat keluhan.Tetaplah berusaha untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda dengan minum 8 gelas perhari, lakukanlah olahraga ringan agar badan tetap sehat dan bugar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasipenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil