Muka merah dan gatal setelah memakai krim jerawat

SA Info Penanya: SA
Malam dok,saya ingin bertanya. Semalam saya memakai krim obat jerawat,tiba tiba esok paginya muka saya mengalami merah merah dan gatal tetapi tidak di semua bagian muka,hanya di dahi dan pipi(yang ada jerawat dan beruntusan) padahal sebelumnya saya memakai obat jerawat itu tidak pernah seperti ini dok.Kebetulan cuaca sekarang sedang dingin dinginnya. Jadi,masalah yang ada di muka saya itu garagara apa ya dok?terus untuk menyembuhkannya bagaimana?terimakasih....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SAM.

Kulit yang memerah dan gatal setelah terpapar dengan bahan tertentu disebut dengan dermatitis kontak. Hal ini dapat terjadi karena adanya reaksi alergi atau iritasi setelah berkontak dengan bahan tersebut. Beberapa contoh bahan yang kerapkali memicu hal ini adalah sabun cuci piring, deterjen, cairan pemutih pakaian, maupun beberapa obat tertentu.

Kondisi ini dapat terjadi di kulit bagian mana saja, termasuk pada wajah. Apabila Anda menggunakan krim jerawat dan mengakibatkan reaksi tersebut di wajah, perlu diperhatikan dulu kandungan dari krim tersebut. Mungkin saja ada salah satu kandungannnya yang dapat memicu alergi maupun iritasi pada kulit Anda, sedangkan krim yang sebelumnya tidak.

Selain dermatitis kontak dengan bahan kimia pada krim, ada kemungkinan lain bahwa jerawat semakin meradang karena:

  • Terpapar dengan debu, asap, dan polusi
  • Menggunakan produk make up atau skincare baru selain krim tersebut
  • Mengonsumsi makanan yang memicu jerawat, seperti gorengan atau produk susu

Untuk sementara, Anda dapat menghentikan penggunaan krim tersebut sampai reaksi gatal dan kemerahan benar-benar mereda. Untuk membantu mengurangi gatal, Anda dapat mengonsumsi obat bergolongan antihistamin yang dijual bebas. Hindari kulit wajah dari paparan polusi, dan jangan gunakan produk wajah tinggi bahan kimia untuk sementara waktu.

Apabila tidak kunjung membaik, konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan, kemudian memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di dahi umumnya akan mengganggu penampilan penderitanya

Penyebab Tumbuhnya Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya

Jerawat di dahi bisa tumbuh ketika Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, stres, hingga jorok. Namun, kondisi ini bisa disembuhkan dengan menggunakan obat tertentu.