TANYA DOKTER

muka gampang jerawat dan banyak brutus

Team SehatQ

Dijawab oleh: dr. Zulham Effendy

Selamat malam K

Jerawat terjadi akibat sumbatan folikel rambut dan pori pada kulit sehingga menyebabkan benjolan. Penyebab jerawatan adalah sumbatan pori disertai infeksi kulit, gangguan hormonal, kegemukan, kulit yang berminyak. Tatalaksana yang diberikan pada kulit yang berjerawat adalah menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan mencegah kekambuhan. 

Untuk menghilangkan jerawat yang telah timbul sebaiknya jangan di pencet, untuk itu dapat diberikan beberap obat seperti antiradang, antibiotik untuk infeksi, pemberian krim asam salisil dan retinoid, anda juga harus menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah dengan sabun berbahan air sehingga pori kulit tidak mengalami sumbatan. Anda juga disarankan perbanyak minum air agar kulit tetap lembab, hindari stress, hindari paparan sinar matahari langsung, lakukan olahraga rutin dan konsumsi vitamin c. 

Saya sarankan anda juga harus berkonsultasi dengan dokter Sp.KK untuk masalah kulit sensitif dan jerawat anda agar mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Salam sehat

dr.Zulham

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top