muka gampang jerawat dan banyak brutus

K Info Penanya: K, Pria, 14 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, anak saya itu mukanya gampang berjerawat dan kulitnya sensitif, sehingga dia jadi anak yg kurang percaya diri. Di wajah nya ada banyak jerawat dan bruntus saya pun sudah membelikan salep jerawat tapi tidak mempan, lalu bagaimana kah cara menghilangkan jerawat dan bruntusan untuk permanen dan bagaimana kah cara merawat kulit sensitif???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam K

Jerawat terjadi akibat sumbatan folikel rambut dan pori pada kulit sehingga menyebabkan benjolan. Penyebab jerawatan adalah sumbatan pori disertai infeksi kulit, gangguan hormonal, kegemukan, kulit yang berminyak. Tatalaksana yang diberikan pada kulit yang berjerawat adalah menghilangkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat dan mencegah kekambuhan. 

Untuk menghilangkan jerawat yang telah timbul sebaiknya jangan di pencet, untuk itu dapat diberikan beberap obat seperti antiradang, antibiotik untuk infeksi, pemberian krim asam salisil dan retinoid, anda juga harus menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci wajah dengan sabun berbahan air sehingga pori kulit tidak mengalami sumbatan. Anda juga disarankan perbanyak minum air agar kulit tetap lembab, hindari stress, hindari paparan sinar matahari langsung, lakukan olahraga rutin dan konsumsi vitamin c. 

Saya sarankan anda juga harus berkonsultasi dengan dokter Sp.KK untuk masalah kulit sensitif dan jerawat anda agar mendapatkan tatalaksana yang tepat.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.