Muka biang keringat, bagaimana cara mengatasinya?

DA Info Penanya: DA, Wanita
dok,muka saya biang keringetan. Cara mengatasi nya bagaimana? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA

Biang keringat disebabkan paparan panas atau sinar matahari. Timbul ruam kemudian terasa gatal. Pertolongan pertama dengan membersihkan menggunakan air dingin dan sabun yang lembut. Serta menghindari daerah yang panas serta menggunakan pakaian yang longgar. Berdiam diri di dalam ruangan yang menggunakan ac, hindari kontak kulit dengan kulit agar tidak timbul ruam baru, gunakan kompres es atau salep alergi yang terjual bebas.

Awal timbulnya bintik-bintik kecil pada pintu kelenjar keringat, kadang kulit bisa tampak kemerahan atau merah muda. Pada kasus yang lebih berat tampak bentol, kemerahan yang semakin gatal. Timbulnya selain di wajah, bisa di leher, punggung, perut, panggul, dibawah payudara, lipatan siku dan bokong. Penyebabnya karena kelenjar keringat tersumbat akibat produksi keringat yang banyak. Dan kuman bisa berada di dalam area yang tersumbat dan menjadi infeksi (bernanah).

Pencegahan lainnya adalah membatasi aktivitas di tempat panas, gunakan pakaian terbuat dari katun, gunakan ac/kipas angin untuk mendinginkan ruangan. Jangan menggaruk ruamnya karena bisa mengakibatkan infeksi sekunder.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat gatal kulit dapat beragam, mulai dari es batu, cuka apel, hingga obat-obat dokter

Pilihan Obat Gatal Kulit, dari yang Alami Sampai Obat Dokter

Kulit yang gatal tentu saja menyebalkan. Untungnya, ada beberapa pilihan obat gatal kulit yang tak sulit dicari, mulai dari soda kue, es batu, sampai obat dokter.