Muka berjerawat dan banyak berminyak di hidung

U Info Penanya: U, Wanita, 19 Tahun
Dok, mungka saya berjerawat kadang kalau habis cuci mungka seperti tukar kulit dok, pada saat memakai bedak pada bagian hidung sangat berminyak dok itu wajah saya cocok nya pakai sabun pencuci mungka yang seperti apa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi U

Kulit berjerawat disebabkan sumbatan dan peradangan pada folikel di kulit menyebabkan bintil benjolan hitam dan nyeri. Proses terjadinya jerawat disebabkan beberapa kondisi seperti kelainan hormonal, infeksi bakteri, pemakaian kosmetik yang menyumbat pori, bawaan genetik. 

Kulit yang berminyak juga dapat dicetuskan akibat kesalahan pemakaian bedak dan kosmetik sehingga kotoran akan membuat pori tersumbat yang pada akhirnya memicu jerawat. 

Saya sarankan agar anda mencuci wajah dengan memakai sabun yang berbahan air dan pelembab, hindari berada di lingkungan yang panas atau dingin,  hindari pemakaian bedak dan kosmetik yang terlalu tebal. Anda juga sebaiknya menghindari stress, perbanyak minum air, konsumsi vitamin c.

Jika terdapat jerawat jangan di pencet atau pecahkan karena dapat memicu luka pada kulit sehingga menimbulkan bekas lubang di wajah. Untuk jerawat dapat dihilangkan dengan pemberian cream mengadung retinoid, jika terdapat infeksi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit (Sp.KK). 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali jenis kulit wajah untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun yang maksimal

Ini Dia Panduan Lengkap Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Wajah

Menggunakan minyak zaitun untuk wajah terbukti kaya manfaat. Dalam menggunakan minyak zaitun, berbeda jenis kulit, berbeda pula cara pengaplikasiannya.