Mudah sekali terkena flu, apakah itu tanda masalah yang serius?

MV Info Penanya: MV, Pria, 18 Tahun
Selamat Siang Dok, Mau tanya nih.Kenapa ya,Saya sering flu? Kecapean dikit flu,minum es sehari 2 kali juga bisa langsung flu. Apakah daya tahan tubuh saya berkurang? Jika iya,Gimana Dok solusinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang MVP,

Tubuh manusia mempunyai sistem pertahanan tubuh yang dibentuk oleh Sel darah putih (Leukosit) di dalam suatu mekanisme yang terkenal bernama Sistem kelenjar getah bening (KGB). Sistem pertahanan tubuh kita layaknya antivirus pada komputer yang berguna menghalau bakteri, virus dan mikroorganisme lainnya penyebab sakit. Pada suatu keadaan tertentu sistem pertahanan tubuh kita melemah misalnya dipicu kurang istirahat, terlalu banyak begadang, kurang makanan bergizi, kurang berolahraga yang kesemuanya mempermudah tubuh kita rentan terserang penyakit.

Influenza atau flu disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit ini adalah self limiting disease atau bisa sembuh sendiri kurang lebih antara 7 sampai 10 hari, dimana hal ini tergantung daya tahan tubuh kita masing-masing bisa kurang dari 7 hari atau lebih lamadari 10 hari. Diantara gejala umum influenza adalah

  1. Panas dingin, nyeri dan pegal di otot tubuh
  2. Sakit kepala
  3. Batuk disertai bersin dan hidung meler
  4. Mata terasa sakit
  5. Merasa lelah atau lemah tak bertenaga.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala flu diantaranya :

  • Perbanyak istirahat dan kurangi begadang dalam hal ini agar tubuh punya waktu untuk membangun kembali sistem pertahanan tubuh secara optimal.
  • hindari minum dingin, terutama es ataupun buah yang dimasukkan di kulkas.
  • Perbanyak makan bergizi dan buah buahan yang mengandun vitamin B dan C semisal Jeruk, Lemon, serta minuman hangat semisal jahe hangat yang mampu membantu daya tahan tubuh.
  • Seringlah melakukan olahraga dan jaga berat badan ideal untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Pakailah masker untuk menghindari terhirupnya virus influenza di udara.
  • Kompres air hangat pada bagian otot yang nyeri arau pegal.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi efek sakit pada tenggorokan.
  • Konsumsi obat penurun demam dan penghilang nyeri jika diperlukan.

Konsultasikan masalah anda lebih lanjut dengan dokter agar mendapat penanganan yang lebih baik dan optimal. Semoga Bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Chia seed adalah biji-bijian yang memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis dan mencegah penuaan

Walau Kecil, Ini Manfaat Chia Seed yang Sangat Besar untuk Tubuh

Banyak biji-bijian yang sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah chia seed. Biji-bijian yang ukurannya kecil ini, kaya dengan nutrisi penting, serta khasiat untuk tubuh. Manfaat chia seed sangat beragam, mulai dari menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko osteoporosis, hingga mencegah penuaan kulit.