Mudah menangis dan sedih kenapa ya?

HM Info Penanya: HM, Wanita, 16 Tahun
Dok, saya sangat sensitif, saya mudah sekali menangis jika melihat hal yang menyedihkan. Disamping itu, saya juga sangat mudah tertawa, atau biasa dibilang itu receh. Tapi selama ini saya tidak merasa terbebani suatu hal. Saya khawatir ada suatu masalah. Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HM.

Mudah tertawa lalu sedih tiba – tiba bisa merupakan ciri dari penyakit gangguan jiwa yang banyak sekali dialami oleh manusia. Gangguan jiwa merupakan suatu masalah yang sangat mempengaruhi pola pikir seseorang, berinteraksi dan berperilaku.

Beberapa gangguan kejiwaan :

  • Gangguan psikotik, contohnya Skizofrenia dengan gejala penderita merasakan adanya hal yang sebenarnya tidak terjadi (halusinasi) baik yang didengar maupun yang dilihat, kemudian penderita juga mempercayai hal yang tidak ada (delusi)
  • Gangguan cemas, contohnya orang fobia, takut akan sesuatu hal tertentu sampai tidak bisa tidur, berdebar-debar, terfikirkan terus serta merasa ketakutan
  • Gangguan Afektif atau suasana hati, contohnya gangguan bipolar dimana gejalanya penderita bisa tiba – tiba merasa sangat sedih kemudian tiba-tiba juga merasa sangat bahagia, hal ini bisa terjadi bergantian dengan jeda waktu atau terjadi berbarengan dalam waktu yang bersamaan.
  • Gangguan kepribadian yaitu penderita merasa memiliki perilaku yang sangat berbeda dari orang pada umumnya
  • Gangguan obsesif kompulsif ditandai oleh pikiran dan obsesi yang tidak terkendali sehingga penderitanya bisa mengulang-ulang hal yang baru saja dilakukan
  • Gangguan pengendalian impuls (kecanduan) terjadi akibat penderitanya minum obat – obatan terlarang
  • Gangguan stres pasca trauma (PTSD), gangguan ini biasanya terjadi karena trauma, contoh penderita mengalami pelecehan seksual sehingga timbul rasa menarik diri dari lingkungan sekitar, atau selalu merasa ketakutan.

Cara mengatasi dirumah :

  • Mengelola stres yang terjadi pada diri Anda
  • Selalu berusaha berfikir positif
  • Melakukan hobi yang Anda yakini dapat membuat Anda Bahagia
  • Memilih orang yang dapat dipercaya untuk mencurahkan isi hati Anda
  • Olahraga yang teratur
  • Tidur yang cukup

jika Anda sudah merasa tidak dapat mengendalikan diri Anda sendiri kemudian sampai ada perasaan ingin bunuh diri dan merasa tidak berguna sebaiknya segera memeriksakan diri Anda ke psikiater.

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh HM
14 Apr 2020, 08:52
Saya tidak mengalami perubahan dari tawa menjadi tangis secara tibatiba. Hanya saja jika saya melihat sesuatu yg menyedihkan saya mudah menangis. Dan jika saya melihat sesuatu yg menurut saya lucu saya akan mudah tertawa walau orang orang mungkin melihat itu biasa saja. Apa itu juga gangguan jiwa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
15 Apr 2020, 07:53
Selamat pagi, HM.
Keadaan yang Anda alami masih mungkin dalam batas normal karena sensitivitas seseorang berbeda-beda. Selama tidak ada perubahan emosi dan mood yang ekstrim dalam waktu singkat, umumnya masih aman. Untuk lebih akurat Anda dapat berkonsultasi langsung dengan ahli, yakni psikolog atau psikiater.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kemacetan membawa dampak buruk bagi kesehatan, berupa stres, sakit punggung, nyeri kaki, serta gangguan pernapasan.

Selain Stres, Ini Penyakit yang Diakibatkan Kemacetan

Bukan hanya merugikan secara waktu, dampak kemacetan terhadap kesehatan juga tidak dapat diremehkan. Stres hanyalah salah satu dampak negatifnya.