Mudah kedinginan dan sering keram

VG Info Penanya: VG
Dok, kondisi saya badan mudah sekali kedinginan kalau kena ac. Baru terjadi sejak SMA. Bahkan di suhu ruangan kuku bisa membiru kaki juga serasa membeku. Juga kaki sering keram. Kira kira kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, VGC.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada dasarnya setiap orang memiliki toleransi terhadap cuaca baik dingin maupun panas yang berbeda-beda. Bahkan pada prika dan wanita pun dapat berbeda. Khususnya pada cuaca dingin, secara umum wanita memiliki toleransi yang rendah dari pria. 

Pada keadaan tertentu, keadaan mudah kedinginan dapat mengindikasikan adanya hal yang tidak benar pada tubuh. 

Berikut beberapa kemungkinan kondisi medis yang dapat menjadi penyebab badan terasa dingin :

Terkait dengan keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi medis yang menyebabkan badan yang terasa dingin pada Anda. Apabila keluhan yang Anda alami ini telah berjalan lama dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari sebaiknya segera diperiksakan karena dapat merupakan tanda dari beberapa penyakit diatas. Anda dapat memeriksakan diri terlebih dahuu depa dokter Spesialis Penyakit Dalam, untuk melihat kemungkinan adanya penyakit hipotirod, gangguan pembuluh darah atau diabetes.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pencetus, dengan menggunakan pelindung seperti jaket ketika cuaca dingin dan mengonsumsi suplemen vitamin B12. Anda juga perlu memperhatikan berat badan Anda, dan upayakan untuk mencapai berat badan yang ideal jika berat badan Anda termasuk pada kategori rendan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri.

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab tubuh merinding sebagai cara tubuh menghangatkan diri, cara tubuh merespon emosi yang begitu kuat, dan gejala penyakit seperti keratosis pilaris hingga tumor otak.