Mudah Kaget? Mengapa dan bagaimana solusinya?

KA Info Penanya: KA, Wanita, 52 Tahun
Salam Dokter,Ingin bertanya, apa sebabnya saya mudah sekali kaget? Bagaimana solusinya?Contohnya, padahal saya tahu ada orang di samping, tapi ketika di kejutkan malah ikut terkejut juga.Lalu, pada saat sedang santai, tangan saya gemetar dan terasa dingin tiba-tiba. Apa yang saya alami?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Saudara KA,

Rangsangan terkejut berbeda untuk setiap orang, tergantung dari toleransi masing-masing. Orang yang gampang terkejut memang memberikan refleks yang berlebihan hanya dengan stimulasi yang ringan saja, seperti suara keras dan sentuhan.

Mudah terkejut ini seringkali di sertai dengan gejala kaku otot, gangguan pernapasan seperti sesak, jantung berdebar dan keringat dingin. Pada kondisi yang ekstrim dapat menyebabkan serangan jantung yang membahayakan jiwa.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa mudah terkejut ini disebabkan karena adanya mutasi gen dalam tubuh manusia, sehingga penghantaran aliran listrik di sistem syaraf menjadi terganggu.

Pencegahan untuk hal ini adalah lebih kepada tidakan dan gaya hidup orang tersebut, seperti  :

  1. Hidup dengan lebih santai, hindari stress dan kelelahan fisik dan mental
  2. Makan cukup dan bergizi
  3. Istirahat dan tidur yang cukup yaitu 6 sampai 7 jam semalam untuk orang dewasa
  4. Miliki kehidupan sosial yang sehat dengan mempunyai banyak teman dan sahabat karib
  5. Sebaiknya tidak menutup diri terhadap orang lain dan lingkungan yang memberikan pengaruh baik.

Mudah terkejut sering dikaitkan dengan gangguan atau adanya penyakit jantung, untuk itu sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam (internis) atau Spesialis Penyakit Jantung untuk konsultasi lebih lanjut, bila diperlukan.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Workaholic yang bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar terkena serangan jantung

Workaholic: Penelitian Membuktikan Bahwa Gila Kerja Bisa Sebabkan Mati Muda

Penelitian menunjukkan bahwa seorang workaholic bisa mengalami masalah yang lebih besar dari serangan jantung atau bahkan stroke.Terutama jika bekerja lebih dari 55 jam per minggu memiliki risiko 13% lebih besar untuk serangan jantung, dan 33% lebih menderita stroke.