Mucocele kembali kambuh. Apa yang harus dilakukan?

AC Info Penanya: AC
Dok saya mau tanya..kan sy dlu prnah mndrita muccole di mulut trs saya operasi dgn tindakan mengangkat mucocel tsb..tp stlh 1 bln mucocel muncul lagi.. Mlh 2 bnjolan diatas yg dlu dioperasi. Knp bs gtu y dok ap pnybab dan gmn menghilangkannya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AC.

Penyebab munculnya mucocel adalah karena adanya penyumbatan pada saluran air liur di rongga mulut. Penyumbatan pada saluran air liur tersebut bisa terjadi saat Anda tidak sengaja menggigit bibir bawah atau pipi bagian dalam. Benturan di wajah juga bisa merusak kelenjar air liur, yang nantinya akan menimbulkan sumbatan pada salurannya.

Saat saluran tersebut rusak, maka air liur akan menumpuk, dan lama kelamaan akan mengeras, sehingga, timbul benjolan. Perawatan yang paling sering dilakukan untuk kondisi ini memang dengan operasi pengangkatan. Dari 100% orang yang melakukan operasi mucocele, sekitar 50% nya akan mengalami kekambuhan.

Apabila mucocle kembali muncul setelah di operasi, maka untuk menghilangkannya, Anda perlu melakukan operasi ulang, untuk mengangkat sel-sel yang mungkin masih tersisa. Jika kekambuhan terus menerus berulang, dokter gigi bisa merekomendasikan Anda untuk dilakukan operasi pengangkatan kelenjar air liur. Namun, tidak banyak kasus yang memerlukan tindakan seperti ini.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat.

 

drg. Nina Hertiwi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peningkatan plak gigi merupakan gangguan gigi akibat mulut kering

Mulut Terasa Kering? Waspadai Penyebab dan Akibatnya!

Mulut terasa kering biasanya disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, narkotika, dan alkohol. Kadang-kadang, mulut kering menimbulkan luka dalam mulut dan mulut berbau tak sedap. Namun, mulut kering juga dapat mengindikasikan gangguan gigi yang serius, seperti peningkatan plak gigi dan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengunyah permen karet untuk menstimulasi produksi air liur dalam mulut Anda.