Bagaimana cara mengatasi diare?

SA Info Penanya: SA
Hai dok. Saya mau cerita sudah dari kemarin perut saya terasa kram setelah itu saya diare dan merasa mual2. Pagi ini saya bisa muntah. Itu sakit apa ya dok ? Bagaimana cara mengatasinya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Diare merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan BAB cair dan encer yang dimana frekuensinya lebih dari 3 kali sehari. Diare biasanya disebabkan karena infeksi virus, bakteri, parasit, dan keracunan makanan. Penyakit ini disertai dengan gejala mual, muntah, sakit perut, kram, kembung, dan juga demam.  Ada beberapa cara mengatasi diare di rumah.

Cara mengatasi diare di rumah yaitu:
  • Mengonsumsi makanan yang rendah serat dan makanan yang lunak.
  • Mengonsumsi obat anti diare.
  • Mengonsumsi probiotik seperti yogurt dan obat-obatan probiotik lainnya.
  • Meminum banyak cairan paling tidak 8-12 gelas per hari.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan diare alami ini yaitu probiotik (keju, kefir, tempe, kimchi, kombucha, pickles), makanan BRAT (banana, rice, apple sauce, dan toast), hindari makanan yang membuat pencernaan semakin memburuk (brokoli, es krim, jagung, kopi, kubis, lada, teh susu, kopi). Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam agar dapat diperiksa secara langsung dan dilakukan pemeriksaan lab untuk melihat apakah ada infeksi atau tidak sehingga dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebelum memulai perjalanan, untuk mencegah mual dan mabuk.

Tips Mudik Sehat Untuk Anda yang Sering Mabuk di Perjalanan

Perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan kerap menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk munculnya rasa mabuk. Untuk mencegah serta mengatasinya, ada beberapa tips mudik yang dapat Anda coba.