21 Feb 2021, 22:41Penyakit Lainnya

Infeksi saluran kemih, kenapa mual setelah minum obat?

NL
Info Penanya: NL, Wanita, 26 Tahun
Dok, mau tanya nih, kemarin saya baru dpt resep dari dokter karna ISK, tapi setelah makan obat yang diresepkan, malah ada mual, apakah itu mmg efek sampingnya? Obatnya itu urogetix dan banquinor, konsumsinya sesuai anjuran dokter juga stlh makan, tapi malah stlh itu saya jadi mual. Apakah ini normal?
2390 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Seamat siang, NTerima kasih atas pertanyaan AndaInfeksi saluran kemih (ISK) adalah suatu penyakit yang terjadi karena adanya infeksi saluran kemih oleh bakteri. Saluran kemih ini meliputi ginjal, ureter, uretra, kandung kemih. Kondisi ini bisa terjadi baik pada pria ataupun pada wanita. Gejala yang timbul karena ISK ini pun beragam mulai dari kencing tidak lampias, disuria (nyeri saat kencing), kemaluan teras apanas saat kencing, demam dan lain sebagainya.Urogetix adalah sebuah obat dengan kandungan phenazopyridine HCl, yang berfungsi untuk membantu meredakan nyeri pada infeksi saluran kemih. Beberapa efek samping dari konsumsi obat ini diantaranya adalah sakit perut, sakit kepala, ruam kulit dan lain sebagainya. Baquinor adalah obat dengan kandungan ciprofloxacin yang merupakan antibiotik. Berfungsi untuk mengobati infeksi karena bakteri. Efek samping dari penggunaan obat ini diantaraya adalah masalah saluran pencernaan,gemetar, pusing berputar (vertigo), dan lain sebagainya.Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, keluhan mual bisa juga terjadi karena afek samping dari obat yang Anda konsumsi selain itu juga bisa karena kondisi medis lain terkait kesehatan saluran pencernaan. Alangkah baiknya konsumsi obat tersebut sesuai dengan aturan yang sudah diberikan oleh dokter, dan pastikan Anda mengonsumsi obat tersebut dalam kondisi sudah makan agar perut tidak perih dan juga mual. Bila dalam waktu 3 hari keluhan ini belum juga membaik, lakukan pemeriksaan kembali ke dokter untuk dilakukan eveluasi pengobatan yang sudah di berikan. Tetap konsumsi makanan sehat bergizi, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, minum air putih cukup, jaga kebersihan area organ intim dan lakukan istirahat cukup. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
mualmualinfeksi saluran kencinginfeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihinfeksi saluran kemihinfeksi bakteriinfeksi bakteripencernaanpencernaangangguan pencernaangangguan pencernaansaluran pencernaansaluran pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil