Mual, sesak napas, meriang 4 jam setelah minum kopi.

ST Info Penanya: ST, Pria
Dok saya sakit kpl. Pusing mual. Pening sesak napas ..trus demam.. Gara 2 minum kopi sluplemn. Selang 4.jm lah baru mual dan seterus nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, ST

Kopi bersifat asam, sehingga pada penderita asam lambung dapat memicu timbulnya gejala mual, kembung, sesak napas dan meriang akibat radang lambung. Kumpulan gejala yang Anda rasakan termasuk ke dalam sindrom dispepsia. Pada kasus berat, setelah mual akan mulai timbul muntah dan/atau mencret.

Saran saya stop kopi, atau setidaknya jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong. Asam lambung meningkat akan mengakibatkan produksi gas bertambah sehingga mual. Rasa mual akan memberi sinyal ke otak menjadi rasa pusing. Rasa pusing akan memberi sinyal ke pencernaan menjadi rasa mual. Begitu seterusnya.

Selain kopi Anda harus menghindari makanan/minuman asam, makanan berminyak, soda, dan rokok. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi mual yang bisa Anda lakukan. Bila keluhan tidak membaik sebaiknya konsultasi dengan dokter agar diberi terapi yang sesuai.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh RK
11 Oct 2019, 05:40
Dok,Siklus menstruasi saya tidak bagus,bagaimana saranya agar siklus kembali baik?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi perut kembung yang alami sangat beragam, salah satunya dengan mengonsumsi tempe.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung yang Bisa Dicoba di Rumah

Cara mengatasi perut kembung tidak semata-mata menggunakan obat. Sejumlah cara alami, termasuk dengan menggunakan kompres air hangat dan menghindari makanan asin, bisa meredakan kondisi perut kembung.