23 Feb 2021, 22:10Perut

Mual saat berdiri tegap disebabkan apa?

R
Info Penanya: R, Wanita, 20 Tahun
mau tanya dok, kok saat saat saya mual rasanya saya gak bisa berdiri tegap. Jadi harus bungkuk atau jongkok. Kalau saya berdiri tegap, malah jadi pengen muntah dok. Apa memang itu efek dari mual?
370 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Mual adalah gejala naiknya asam lambung hingga ke katup antara lambungan dengan kerongkongan, atau jika sangat parah dapat meningkat hingga ke belakang lidah. Beberapa keluhan yang dapat dirasakan seseorang penderita maag adalah mual, muntah, nyeri perut, kembung, dan juga pusing. Penyebab mual dapat disebabkan adanya penyakit maag yaitu iritasi lambung yang terjadi karena :
  • terlambat makan atau makan tidak teratur,
  • konsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam,
  • tidur setelah makan atau langsung beraktifitas tinggi setelah makan, dan
  • mengkonsumsi minuman bersoda, alkohol atau kopi sebelum makan. 
Sedangkan jika keluhan mual disertai timbulnya rasa panas di dada, perih atau nyeri di uluhati, serta rasa pahit di belakang lidah, artinya Anda mengidap gejala GERD yaitu refluks asam lambung. Penyakit ini juga dapat menyebabkan tenggorokan panas, mual, muntah, dan mulut terasa asam.Kondisi lain yang dapat menyebabkan adanya keluhan yg tinbul hanya saat melakukan pergerakan tertentu adalah hipotensi ortistatik. Keluhan dari hipotensi ini antara lain pusing, nyeri kepala, mual, hingga muntah karena adanya perubahan posisi mendadak. Pada saat Anda mengalami keluhan ini, tekanan darah Anda turun secara cepat sehingga untuk mengatasinya Anda perlu melakukan perubahan posisi tubuh dengan lebih perlahan dari biasanya. Anda juga dapat mengkonsumsi obat antasida hingga 3 x sehari dengan cara dikunyah setiap merasakan keluhan mual untuk meredakan keluhan Anda. Jika dalam 3 hari setelah mengkonsumsi antasida keluhan Anda tidak juga membaik, lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.Salam sehat,
dr.Evelin Kwandang
maaghipotensigerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil