Mual muntah dan BAB cair, apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 20 Tahun
Dok, klo boleh tanya, saya bingung kenapa saya bab cair terus menerus dan mual muntah terus menerus jadi saya harus bolak balik ke WC, dok itu penyakit apa ya? soalnya saya takut klo ada penyakit tertentu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HN.

Buang air besar yang cair dan mual muntah adalah beberapa gejala yang muncul apabila ada gangguan pada sistem pencernaan karena kondisi tertentu. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala tersebut adalah intoleransi makanan, keracunan makanan, gastroenteritis, atau demam tifoid.

Untuk memastikan penyakit mana yang Anda alami, terlebih dahulu harus diketahui bagaimana kronologi sebelum munculnya kondisi ini dan gejala apa saja yang menyertai. Biasanya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium yang dibutuhkan, lalu hasilnya akan dievaluasi.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut di rumah:

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh, bisa dari air putih, sup, ataupun kaldu
  • Konsumsi air kelapa hijau untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang
  • Konsumsi makanan yang mengandung probiotik
  • Hindari makanan pedas, asam, dan terlalu berminyak
  • Banyak beristirahat dan tidur cukup

Apabila dengan langkah di atas keluhan tidak kunjung membaik, atau disertai rasa lemas, pusing, atau tidak nafsu makan, segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Feses berwarna hijau tidak selalu menandakan penyakit

Penyebab Feses Berwarna Hijau, Bisa Berbahaya Bisa Tidak

Feses berwarna hijau bisa disebabkan oleh hal normal seperti terlalu banyak makan sayuran hijau, atau karena penyakit seperti diare, celiac disease, dan crohn disease.