Mual muntah dan pusing apa hamil?

IK Info Penanya: IK
Dok mau tanya kenapa ya saya memang belum telat haid tetapi hampir 2 minggu setelah haid saya merasakan mual dan muntah bahkan pusing di pagi hari terkadang sampai siang, dan setelah makan pun terasa mau muntah, dan terasa di perut seperti terasa ada yang gerak kenapa ya dok? Mohon jawbanya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

Hamil muda memang sering ditandai dengan keluhan mual, muntah terutama di pagi hari, lemas, sakit kepala, badan sakit semua, perut kembung, dll. Namun gejala-gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh penyakit lain seperti gangguan lambung, radang pankreas, batu empedu, dll.

Pemeriksaan tes pack perlu dilakukan untuk memastikan Anda sedang hamil atau tidak, namun idealnya tes pack dilakukan bila sudah 7 hari terlambat haid. Bila hasilnya samar, maka Anda bisa mengulang tes pack yang kedua dengan jarak 1 minggu setelah tes pack yang pertama untuk konfirmasi hasilnya.

Pemeriksaan terlalu dini kurang akurat hasilnya karena kadar hormon kehamilan di urin belum tinggi sehingga terkadang alat belum bisa mendeteksinya.

Selama belum melakukan tes pack, yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Hindari makanan yang pedas, asam, bersantan serta kanji dan ketan.
  • Hindari kopi dan soda.
  • Makan dengan porsi kecil namun sering atau minum jus buah agar mudah ditelan dan dicerna lambung.
  • Minum antacida untuk meredakan mualnya.
  • Perbanyak istirahat.

Bila nantinya hasil tes pack Anda positif, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi sungsang berbahaya pada ibu dan anak

Mengapa Bayi Sungsang Bisa Terjadi?

Posisi bayi ketika akan lahir normalnya adalah kepala berada di bawah mengarah pada saluran rahim. Bayi sungsang terjadi ketika kepala bayi tidak mengarah pada saluran rahim atau pantat dan kaki bayi mengarah ke bawah sehingga mempersulit kelahiran. Apa sebabnya?