24 Oct 2021, 18:56Perut

Mual karena kopi, apakah berbahaya?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, saya tiap pagi minum kopi, tapi kenapa tadi pagi sehabis minum kopi saya meras mual? Padahal saya mengonsumsi jenis kopi yang sama dan di jam yang sama. Apa penyebab mual karena kopi? Bagaimana cara mengatasi mual karena kopi? Apakah kondisi ini ada kaitannya dengan gelaja penyakit tertentu?
135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaMengonsumsi kopi dipagi hari sering dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Namun, tidak sedikit dari mereka merasakan mual karena kopi. Penyebab mual karena kopi ini bisa disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi. Kafein bisa memicu peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan keluhan mual.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengtasi mual karena kopi adalah:

  • Usahakan Anda makan terlebih dahulu agar perut tidak kosong
  • Perbanyak minum air putih
  • Konsumsi buah -buahan
  • Pilih produk kopi yang rendah kafein, seperti kopi decaf
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebabnya bisa karena kadar kafein dalam kopi. Selain itu bisa juga karena tubuh Anda terlalu sensitif terhadap kafein. Sehingga, merasa mual karena kopi seperti yang Anda rasakan.  Jika beberapa saran di atas sudah Anda lakukan tetapi keluhan mual karena kopi masih belum membaik lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter terdekat. Pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, hindari konsumsi makanan pedas dan berlemak karena bisa memicu kenaikan asam lambung, usahakan makan teratur dan lakukan istirahat cukup.Anda juga bisa membaca beberapa forum kami terkait mual karena kopi di bawah ini:Kenapa mual setelah minum kopi?Efek samping mengonsumsi kopi, apa saja?Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
mualtips kesehatankopikafeina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil